Profil Pengetahuan Antibiotika Amoksisilin Masyarakat Desa Batu-Batu, Kutai Kartanegara

Authors

  • Desten Prima Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Kefarmasian "Farmaka Tropis", Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia Author
  • Lizma Febrina Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Kefarmasian "Farmaka Tropis", Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia Author https://orcid.org/0000-0002-2511-0244
  • Rolan Rusli Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Kefarmasian "Farmaka Tropis", Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia Author https://orcid.org/0000-0003-1264-5933

DOI:

https://doi.org/10.30872/mpc.v1i.140

Keywords:

Antibiotic, Amoxicillin, Knowledge Profile

Abstract

Antibiotika digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri, dan penggunaannya harus tepat dan benar untuk menghindari resistensi bakteri. Oleh karena itu perlu diketahui bagaimana pemahaman antibiotik oleh masyarakat di desa Batu-Batu, Kutai Kartanegara khususnya antibiotika amoksisilin, serta memberikan wawasan kepada masyarakat mengenai antibiotika amoksisilin. Metode dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Metode pengambilan sampel adalah secara acak dengan umur 17-55 tahun dan dibedakan berdasarkan tingkat pendidikan, jenis kelamin dan pekerjaan masyarakat di desa Batu-Batu. Dari data yang diperoleh menunjukkan tingkat pengetahuan masyarakat terhadap antibiotika amoksisilin rendah, dan dipengaruhi oleh tingkat pendidikan serta jenis kelamin masyarakat desa Batu-Batu.

References

[1] Pandean, F., Heedy, T., Lily, RG., 2013. Profil Pengetahuan Masyarakat Kota

Manado Mengenai Antibiotika Amoksisilin. Jurnal Ilmiah Farmasi UNSRAT 2.(2) halaman 2

[2] Aspuah, S., 2013. Kumpulan Kuesioner dan Instrumen Penelitian Kesehatan. Nuha Medika: Yogyakarta.

[3] Arikunto, S. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2025-02-01

Issue

Section

Articles