Hubungan Pelayanan Informasi Obat dengan Pengetahuan dan Tingkat Kepatuhan Pasien Hipertensi di Puskesmas Kerang Kecamatan Batu Engau

Authors

  • Dayuh Anggun Mandalika Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Kefarmasian “Farmaka Tropis”, Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia Author
  • Herman Herman Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Kefarmasian “Farmaka Tropis”, Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia Author
  • Nisa Naspiah Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Kefarmasian “Farmaka Tropis”, Fakultas Farmasi, Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.30872/mpc.v18i.422

Keywords:

Hipertensi, Pelayanan Informasi Obat, Kepatuhan dan Pengetahuan

Abstract

Salah satu cara untuk menanggulangi hipertensi adalah meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan pasien dalam pengobatan  dengan cara  pemberian Pelayanan Informasi Obat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik, pengetahuan dan tingkat kepatuhan, mengetahui pelayanan informasi obat serta mengetahui hubungan pelayanan informasi obat dengan pengetahuan dan tingkat kepatuhan pasien hipertensi. Metode yang digunakan adalah  observasional analisis dengan pengambilan data secara pendekatan prospektif menggunakan data rekam medik dan hasil wawancara. Hasil penelitian karakteristik pasien mayoritas masuk fase dewasa akhir sebesar 25,4%, berjenis kelamin perempuan sebesar 70,1%, berpendidikan SD sebesar 59,7% dan berprofesi sebagai IRT sebanyak 64%. Tingkat kepatuhan pasien hipertensi masih rendah dengan presentase 59,80% dan tingkat pengetahuan pasien hipertensi juga termasuk kategori rendah dengan presentase 52,24%, pelayanan informasi obat yang sering diberikan hanya nama obat, sediaan, dosis, cara pakai, penyimpanan, dan efek samping dan diperoleh nilai signifikan pada Tingkat Pengetahuan nilai korelasi sebesar 0,344 dan Tingkat Kepatuhan dengan nilai korelasi sebesar 0,649.

References

WHO 2012, World Health Day 2013, Measure your blood pressure, reduceyourrisk.

Kementerian Kesehatan RI. Hasil Utama Riskesdas 2018. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI; 2018.

Departemen Kesehatan RI, 2013.Laporanhasil Riset kesehatan dasar (Riskesdas)Nasional tahun 2007 & 2013.CV Metronusaprima: Jakarta.

Park J.B., Kario, K., dan Wang, J. . (2015). "Systolic Hypertension; n Increasing Clinical Challange in Asia” dalam Hypertension Research. 38(4), 227–236.

Masuari Ira Wayan. (2021)., Kualitas Pelayanan Informasi Obat di Rumah Sakit X Gianjar., Journal Sosial dan Sains Vol. 1 No 9.

Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 74 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas.

Rosa, E. M. (2018, Januari 27). Kepatuhan (Compliance). UMY Magister Administrasi Rumah Sakit.

Pratita, D. Nurina. 2012. Hubungan Dukungan Pasangan Dan Health Locus Of Control Dengan Kepatuhan Dalam Menjalani Proses Pengobatan Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 1, No. 5

Notoadmojo, soekidjo. 2018 Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Downloads

Published

2025-02-01

Issue

Section

Articles