Hubungan Pelayanan Informasi Obat dengan Pengetahuan dan Tingkat Kepatuhan Pasien Hipertensi di Puskesmas Kerang Kecamatan Batu Engau
Hipertensi
DOI:
https://doi.org/10.30872/mpc.v18i.421Keywords:
Hipertensi, Pelayanan Informasi Obat, Kepatuhan dan PengetahuanAbstract
Salah satu cara untuk menanggulangi hipertensi adalah meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan pasien dalam pengobatan dengan cara pemberian Pelayanan Informasi Obat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik, pengetahuan dan tingkat kepatuhan, mengetahui pelayanan informasi obat serta mengetahui hubungan pelayanan informasi obat dengan pengetahuan dan tingkat kepatuhan pasien hipertensi. Metode yang digunakan adalah observasional analisis dengan pengambilan data secara pendekatan prospektif menggunakan data rekam medik dan hasil wawancara. Hasil penelitian karakteristik pasien mayoritas masuk fase dewasa akhir sebesar 25,4%, berjenis kelamin perempuan sebesar 70,1%, berpendidikan SD sebesar 59,7% dan berprofesi sebagai IRT sebanyak 64%. Tingkat kepatuhan pasien hipertensi masih rendah dengan presentase 59,80% dan tingkat pengetahuan pasien hipertensi juga termasuk kategori rendah dengan presentase 52,24%, pelayanan informasi obat yang sering diberikan hanya nama obat, sediaan, dosis, cara pakai, penyimpanan, dan efek samping dan diperoleh nilai signifikan pada Tingkat Pengetahuan nilai korelasi sebesar 0,344 dan Tingkat Kepatuhan dengan nilai korelasi sebesar 0,649.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dayuh Anggun Mandalika, Herman, Nisa Naspiah (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.